lupa2 3 Hal Sederhana Yang Sering Terlupakan di BlogTau kah anda mengapa di beberapa artikel saya selalu menyebutkan kata “sederhana” ? Karena menurut saya, apa pun yang sudah besar atau terkenal berawal dari sesuatu yang sederhana. Bila kita membicarakan mengenai blog, anda jangan meremehkan sesuatu yang sederhana dari blog anda, karena sesuatu yang sederhana itu akan membantu blog anda menjadi lebih berkembang. Beberapa hari yang lalu saya melamar di blognya Om Agus Ramadhani beliau adalah pemilik dari blog o-om.com.

Artikel yang saya angkat adalah 5 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Pageview Blog, saya lihat responnya cukup bagus dari para pembaca o-om.com, iseng-iseng saya baca satu per satu komentar di tulisan saya tersebut ternyata masih banyak juga blogger yang belum melakukan tips sederhana tersebut. Mulai dari situlah saya ingin mengangkat tema “Sederhana” lebih dalam lagi.

Kembali ke judul artikel ini, jadi sebenarnya apa 3 hal sederhana yang sering terlupakan di blog itu ? 3 hal sederhana tersebut adalah :

Halaman About me ( tentang saya )

Menurut saya justru halaman about me itu merupakan salah satu halaman yang penting dalam sebuah blog, karena dengan adanya halaman ini, pengunjung akan lebih banyak mengetahui tentang diri anda dan kehidupan anda.

Halaman Kontak

Setiap hari saya selalu blogwaking ke beberapa blog, dan selalu menemukan blog baru yang belum pernah saya kunjungi. Secara tidak sadar saya memperhatikan sebagian dari blog-blog tersebut ternyata tidak menyertakan halaman kontak. Bila satu hari ada yang membutuhkan tenaga/pikiran anda atau ada yang ingin bertukar link bahkan mungkin ada yang ingin memasang iklan di blog anda bila tidak ada halaman kontak mereka akan kebingungan menghubungi anda.

Opsinya bisa pada kolom komentar, tetapi bila melalui halaman kontak, itu akan bersifat lebih pribadi dan orang yang menghubungi anda akan lebih bebas berkomunikasi dengana anda.

Kotak Search ( kotak pencarian )

Sebenarnya untuk kotak search ini lebih di utamakan pada blog-blog yang bertemakan tutorial atau tips, karena bila seorang pengunjung membaca satu artikel tutorial, kemungkinan besar akan mencari tutorial-tutorial lainnya. Opsinya bisa pada artikel terkait, artikel populer atau random artikel, tetapi setiap fasilitas yang saya tadi sebutkan biasanya hanya menampilkan 10 artikel saja, kotak searchlah yang akhirnya digunakan untuk mencari artikel yang pengunjung tersebut butuhkan, tapi apabila tidak ada kotak search, pengunjung akan kebingungan dan akhirnya mencari blog tutorial lain yang lebih lengkap fasilitasnya.

Sekarang bagaimana menurut anda, apakah ketiga hal sederhana yang sudah saya jelaskan diatas merupakan bagian dari blog yang wajib ada? Atau hanya pelengkap saja ?
Dan apakah anda sudah menyertakan ketiga hal sederhana tersebut di blog anda? Saya tunggu komentar anda.

Semoga bermanfaat.