Akhirnya setelah sempat vakum beberapa hari terakhir dari dunia maya karena ujian sekolah, saya kembali lagi menulis di blog ini tentang 5 modal awal sebelum berbisnis online. memang internet memiliki potensi tidak terbatas dan bisa mengelola bisnis tersebut  dimanapun anda berada. bahkan di kamar anda sekalipun !

Pebisnis online harus mempunyai mental yang kuat agar tidak mudah menyerah. lalu apa modal awal berbisnis online ? berikut saya uraikan dibawah ini.

1. Niat

Niat salah satu penentu kesuksesan anda di bidang bisnis online, bayangkan saya apabila anda mempunyai modal tapi tidak ada niat. tapi patut diingat tidak ada bisnis online yang bisa membuat kaya raya dalam waktu sekejab.

2. Blog

Blog sangat penting untuk berbagi pengalaman yang anda punya selama berbisnis online atau bagi yang ingin Memonetisasi blognya untuk mendapatkan dollar dari beberapa program seperti paid review atau dengan ppc google adsense.

3. Akun Email dan YM

Ini dia salah satu nyawa dari bisnis online. semua program yang ada pasti menggunakan email. kegunaan lain adalah untuk berkomunikasi dengan para pelanggan atau pebisnis lainnya. kegunaan YM dalam online marketing adalah berkomunikasi secara langsung dengan rekan kerja anda.

4Paypal

Bagi yang suka menjaring dollar, paypal sangat penting karena tidak memerlukan kartu kredit. meskipun ada beberapa alternatif online payment seperti Alertpay, tapi kebanyakan orang lebih menyukai paypal karena fitur dan keamanan yang canggih.

5. Kemampuan Berosialisasi dan Berbahasa Asing

Kemampuan berkomunikasi yang baik akan membuat anda semakin dikenal. karena dengan berkomunikasi, mungkin dengan kita bisa berkomunikasi secara halus dan ramah, pasti pelanggan mempercayai kita. kemampuan berbahasa asing juga harus memadai terutama bahasa inggris. karena merupakan bahasa internasional. bagi yang bermaslaah dengan bahasa asing, silakan manfaatkan translater yang banyak tersedia.

Berikut merupakan 5 modal awal sebelum berbisnis online yang saya ketahui. jika ada yang kurang silakan tambahkan