//
you're reading...
Tip & Trik Wordpress

Cara install WordPress tanpa fantastico

March 3rd, 2011 by admin | 3 Comments | Filed in WP-Tutorial

Bagi sebagian blogger, blogging platform seperti wordpress bukan merupakan hal yang asing. Banyak blogger menggunakan wordpress dalam aktivitas blogging-nya, termasuk saya, contohnya blog ini. Dalam menginstall wordpress, kita sudah dapat melakukannya dengan sangat mudah menggunakan fitur Fantastico yang hampir ada pada setiap hosting. Kita tidak perlu lagi membuat database dan usernya, ataupun merename file wp-config-sample.php, kita tinggal mengklik beberapa kali saja maka blog wordpress kamu sdh bisa digunakan. Tetapi cara praktis ini bukannya tanpa kekurangan, dari segi keamanan saja sudah bisa dilihat bahwa menginstall wordpress dengan fantastico memiliki celah di sana sini. Contohnya, file database yang tercipta dan usernya memiliki pola nama yang sama yang tentu saja mudah ditebak, atau wordpress langsung diinstal di folder root, hal lainnya adalah cession wordpress yang diinstall bukanlah yang terbaru, dan masih banyak lagi celah lainnya.

Kali ini, saya akan sedikit berbagi ke kamu mengenai bagaimana cara menginstall wordpress secara manual, sehingga hasilnya blog kamu menjadi sedikit lebih baik dari sisi keamanannya. Ok, ikuti saja tahap-tahap berikut ini:

1. Terlebih dahulu download wordpress di wordpress.org.

2. Sambil menunggu proses download, kamu masuk ke cpanel hosting kamu, lalu menuju MySQL Databases untuk membuat database dan usernamenya

Menuju-Buat-Database

cara membuat databse-nya spt ini:

* Masukkan nama database yang kamu inginkan, polanya akan spt ini, username_namadatabase. Kemudian klik create.

* Sekarang buat usernamenya, buatlah seunik mungkin meski hanya diperbolehkan 7 karakter saja. Lalu buat password sesuka kamu, yang penting mudah diingat hanya oleh kamu sendiri. Setelah selesai klik create.

* Sampai tahap ini kamu sudah punya database dan username, tugas selanjutnya adalah menghubungkan database dengan username yang tadi kamu buat,

padu-user-db

Lalu akan muncul tampilan baru, di sini kamu hanya perlu memberi tanda centang pada radio button all privileges. Klik OK, maka database sudah terhubung oleh username kamu.

3. Tahap selanjutnya adalah upload file compress wordpress yang sudah selesai kamu download. Upload di root domain kamu, kamu bisa mengunakan filezilla atau program sejenis lainnya, atau bisa juga langsung dari file manager cpanel hosting kamu.

4. Setelah proses upload selesai, selanjutnya file kompres wordpress diekstrak, maka akan muncul folder wordpress.

5. Sekarang kamu klik folder wordpress dan masuk ke dalamnya, di sana akan kamu jumpai file yang diperlukan untuk menginstall dan menjalankan blog wordpress kamu.

6. Karena kamu ingin menginstall wordpress di root domain kamu, maka kamu harus memindahkan semua file di folder wordpress ke root domain kamu. Klik Select All (cari saja, ada di sekitar situ kok, jika kamu langsung di cpanel-nya), lalu Move File semua file dan folder ke luar folder wordpress.

7. Selanjutnya kamu harus me-rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php

8. Kemudian edit file wp-config.php dengan cara klik kanan file tersebut dan klik edit pada menu yang muncul.

9. Kamu akan dibawa ke tab baru dan akan menjumpai banyak tulisan di sana, tidak usah dilihat semuanya, perhatikan saja bagian yang ini

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //

/** The name of the database for WordPress */

define(‘DB_NAME’, ‘putyourdbnamehere’);

/** MySQL database username */

define(‘DB_USER’, ‘usernamehere’);

/** MySQL database password */

define(‘DB_PASSWORD’, ‘yourpasswordhere’)

10. Pada ketiga bagian di atas, ubahlah putyourdbnamehere menjadi nama database yang tadi sudah kamu buat (polanya usernamecpanel_namadatabase), begitu juga dengan usernamehere diubah menjadi username yang sudah kamu buat (polanya usernamecpanel_username), yang terakhir masukkan password yang tadi kamu buat pada waktu membuat username, ganti yourpasswordhere dengan password ciptaan kamu. Kemudian Klik Save (di bagian kanan atas) — Kamu juga bisa mengedit wp-config.php sebelum meng-upload wordpress ke hosting kamu.

11. Jika sudah selesai, bukalah tab atau window baru dan tulis “http://domainkamu.com/wp-admin/install.php” di address bar, lalu klik Enter. Selanjutnya masukkan nama Blog kamu dan email untuk blog kamu (berguna jika kamu akan mereset password dari wp-login). Klik Install, maka akan muncul username dan password untuk blog kamu, catat username dan password yang tertulis di sana. Defaultnya, username blog kamu adalah admin dan password yang ribet (so kamu harus mencopy-nya di notepad atau terserah kamu mau dimana). Selanjutnya Klik OK, maka selesai sudah proses instalasi wordpress.

12. Jika kamu ingin mengubah username blog kamu, kamu bisa melakukannya di phpMyadmin yang ada di cpanel hosting kamu, begitu juga dengan password-nya.

13. Selanjutnya jika kamu ingin masuk ke panel admin blog wordpress kamu cukup kamu tulis “http://domainkamu.com/wp-login.php”

Selesai sudah proses install wordpress secara manual di domain dan hosting kamu dan blog WordPress kamu siap diisi

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Cara Menginstal Wordpres . | By Mandahiling . - Desember 27, 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Juni 2011
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d blogger menyukai ini: