//
you're reading...
UP FMA Daerah lain

KEGIATAN UP – FMA PATANYAMANG – MAROS TAHUN 2009

Desa Patanyamang Kecamatan Camba, merupakan salah satu desa lokasi UP – FMA di Kabupaten Maros yang terletak di sebelah Utara Kabupaten Maros dengan jarak + 50 km dari ibukota kabupaten. Di Desa Patanyamang pengembangan metode FMA telah dilakukan selama 2 (dua) tahun melalui Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP/FEATI) yang dilaksanakan di 60 desa/kel yang tersebar di 14 kecamatan. Melalui kegiatan ini petani difasilitasi untuk merencanakan dan mengelola sendiri kebutuhan belajarnya, sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan pelaku utama.

Untuk kegiatan FMA Tahun 2009, Posluhtan Patanyamang Desa Patanyamang Kec. Camba melakukan kegiatan Pelatihan Agribisnis Sapi Potong yang difasilitasi oleh Ir. H. Muh. Syahrir, MP, Ir. Musyawar A, M.Si dan unsur terkait dari BPP Camba yang dilaksanakan pada bulan Januari s/d Mei 2010. Adapun pelaksana kegiatan pelatihan adalah Kelompoktani Matras yang diketuai Drs. Nasruddin dengan alamat Dusun Lalebata Desa Patanyamang. Agar kegiatan FMA ini dapat mencapai sasaran secara berdaya guna dan berhasil guna, maka peserta pelatihan yang diundang adalah petani ternak yang diharapkan nantinya akan mengembangkan usahanya setelah mengikuti pelatihan ini. Demikian disampaikan oleh Koordinator BPP Camba H. Paduppa Saleh, STP sebagai Ketua Tim TPL kecamatan Camba.

Nurhidayah selaku Ketua Posluhtan Patanyamang mengatakan bahwa dipilihnya kegiatan ini merupakan hasil PRA masyarakat desa dan hasil kajian agribisnis yang dilakukan dalam menyusun proposal kegiatan pembelajaran FMA yang difasilitasi oleh Darnis, SP sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Patanyamang.

Sehubungan dengan itu Ir. Muh. Alfian Amri, M.Si selaku P2K P3TIP/FEATI Kab. Maros mengatakan bahwa dalam pengajuan judul proposal kegiatan UP – FMA tidak bersifat insidentil karena hal ini akan merugikan masyarakat itu sendiri. Dan seyogyanya kegiatan yang akan dilakukan berasal dari kebutuhan petani dan sesuai dengan kajian agribisnis yang mereka lakukan. Dan diharapkan bahwa dengan kegiatan UP – FMA di 60 desa/kel di Kabupaten Maros tidak saja merubah perilaku pengurus UP – FMA dan anggotanya tetapi dapat juga menularkan ilmunya kepada petani lain untuk merubah pola pikirnya

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Juni 2011
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d blogger menyukai ini: