//
you're reading...
Tip & Trik Wordpress

Membuat Artikel dengan Read more….

 

Secara default, artikel akan ditampilkan seluruhnya di halaman utama, hal ini tentu akan sangat mengganggu pengunjung yang harus melakukan scrolling. Hal ini terkecuali jika kita hanya menempatkan satu artikel saja di halaman utama. Kebanyakan blogger membuat potongan awal tulisan di halaman utama, kemudian pengunjung hanya perlu mengklik link Read More.. untuk bisa membaca seluruh artikel, seperti yang ada di blog ini.

Menggunakan Excerpt


Cara pertama adalah dengan mengganti tag the_content() dengan the_excerpt() pada template WordPress halaman utama. Biasanya di post.php atau index.php. Maka, setiap kali kita memasukkan artikel, akan muncul 55 kata pertama di halaman utama, atau jika kamu pengen menentukan sendiri kata-katanya, kamu bisa memasukkannya langsung di form excerpt yang ada di menu Write – Post.

Excerpt

Jika menggunakan cara ini, maka format HTML yang kita gunakan di dalam 55 kata pertama akan dihilangkan saat muncul di halaman utama. Kode tersebut baru akan berfungsi saat pengunjung memasuki halaman artikel.

Menggunakan More Tag

Cara berikutnya adalah menggunakan More Tag. Cara ini lebih simple, karena kita ndak bersentuhan langsung dengan kode-kode yang rumit. Caranya cukup dengan menekan tombol More yang ada di Editor WordPress. Perhatikan gambar berikut ini :

More

Dengan cara ini kode HTML dan format yang kita terapkan takkan dihilangkan, sehingga bisa muncul di halaman utama. Tapi jika kita terlupa untuk memasang tanda More, maka seluruh artikel akan ditampilkan. Tapi tentu saja, kita masih dapat mengeditnya lagi nanti.

Untuk merubah kata Read More dengan kata-kata yang lain, kita perlu sedikit menengok script themesnya. Temukan tag <?php the_content(‘Read More’);?>. Gantilah tulisan Read More dengan tulisan lain, misalnya Baca Selengkapnya… sehingga menjadi seperti ini :

<?php the_content(‘Baca Selengkapnya…’);?>

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Juni 2011
S S R K J S M
    Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d blogger menyukai ini: