Beberapa waktu yang lalu, saya sempat membahas mengenai Dead Posts beserta dengan beberapa solusi yang saya pikir dapat mengurangi dead posts pada blog anda. Salah satu solusi yang saya tuliskan disana adalah membuat halaman arsip yang dilengkapi dengan postingan acak atau random posts.

Dihalaman arsip ini selain memuat postingan acak, saya akan menambahkannya dengan daftar kategori, postingan terbaru dan postingan terpopuler berdasarkan komentar. Sebelum memulai membuat halaman arsip ini, ada baiknya, anda melihat terlebih dahulu halaman arsip yang saya punya, karena itu contoh arsip yang sekarang akan saya tuliskan cara membuatnya.

Halaman Arsip Sederhana

    1. Anda buat 1 file php didalam folder template anda, lalu beri nama arsip.php. Setelah itu anda buka page.php kemudian salin seluruh isi page.php ke dalam arsip.php
    2. Kemudian anda salin kode dibawah ini, simpan sebelum kode <?php get_header(); ?>
<?php
/*
Template Name: Arsip
*/
?>

Maksud dari kode diatas adalah untuk membuat halaman statis kustom. Arsip disitu adalah sebagai ID atau nama dari halaman statis kustom yang akan anda buat.

    1. Setelah itu anda cari kode
      <?php the_content(''); ?>
    2. Setelah ketemu kode diatas waktunya menampilkan bagian pertama icon mrgreen Membuat Halaman Arsip Sederhana Untuk Blog WordPress , bagian pertama dari halaman arsip ini adalah daftar kategori, salin kode dibawah ini kemudian anda simpan dibawah <?php the_content(''); ?>
<h3>Arsip berdasarkan kategori</h3>

<ul>
	 <?php wp_list_categories('show_count=1&title_li='); ?>
</ul>

show_count=1 artinya untuk menampilakn jumlah postingan pada masing-masing kategori, bila kurang menarik menurut anda, silahkan dihapus saja.

    1. Untuk bagian yang kedua, saya akan menampilkan postingan terbaru, salin kode dibawah lalu simpan dibawah kode untuk menampilkan daftar kategori.
<h2>Artikel Terbaru</h2>
<ul>

	<?php $archive_query = new WP_Query('showposts=30');
	while ($archive_query->have_posts()) : $archive_query->the_post(); ?>
	<li><a href="<?php the_permalink() ?>" rel="bookmark" title="Permanent Link to <?php the_title(); ?>"><?php the_title(); ?></a> (<?php comments_number('0','1','%'); ?>)</li>

	<?php endwhile; ?>
</ul>

showposts=30 adalah perintah untuk menampilkan 30 postingan terbaru, silahkan disesuaikan dengan keinginan anda masing-masing.

    1. Bagian ketiga adalah menampilkan postingan acak, salin kode dibawah ini, dibawah kode untuk menampilkan postingan terbaru.
<h2>Random Artikel</h2>
<ul><?php
	 $rand_posts = get_posts('numberposts=20&orderby=rand');
	 foreach( $rand_posts as $post ) :
	 ?>

	 <li class="rand"><a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php the_title(); ?></a></li>
	 <?php endforeach; ?>
</ul>
    1. Bagian terakhirnya menampilkan postingan terpopuler berdasarkan jumlah komentar, salin kode dibawah ini dibawah kode untuk menampilkan postingan acak.
<h2>Artikel Terpopuler</h2>

<ul>
	<?php
	$popular_posts = get_posts('numberposts=20&orderby=comment_count');
	foreach( $popular_posts as $post ) :
	?>
	<li><a href="<?php the_permalink(); ?>"><?php the_title(); ?></a></li>
	<?php endforeach; ?>

</ul>

Untuk bagian kodingnya sudah selesai sampai disitu, tapi pekerjaan anda belum selesai. Tentu saja anda harus membuat sebuah halaman statis(pages) baru untuk menampilkan halaman arsip ini.

    • Pertama anda klik Add New pada menu Pages yang ada disebelah kiri anda.
    • Isi judul halamannya, kemudian anda lihat kesebelah kanan lalu scroll sedikit kebawah, cari kotak Page Attributes.
    • Setelah ketemu, anda cari bagian Template, lalu klik agar muncul drop down, kemudian anda pilih Arsip.lihat gambar

cara membuat arsip sederhana Membuat Halaman Arsip Sederhana Untuk Blog WordPress

  • Klik publish, kemudian anda lihat hasilnya.

Semoga semua yang mencoba tutorial ini tidak ada yang gagal icon mrgreen Membuat Halaman Arsip Sederhana Untuk Blog WordPress . Kurang jelas atau ada yang kurang paham, berkomentarlah icon wink Membuat Halaman Arsip Sederhana Untuk Blog WordPress

Semoga bermanfaat !