Broken Link A Tips Merawat Blog WordPress Bagian 2

clearseo.co.uk

Tips merawat blog wordpress kali ini saya akan membahas mengenai broken link. Broken link adalah sebuah link/anchor text yang tidak valid, rusak atau tidak mempunyai tujuan. Banyak faktor yang membuat sebuah link rusak atau tidak valid, entah itu disengaja maupun tidak di sengaja.

Contoh sederhananya, ketika seseorang berkomentar di blog anda dengan menyertakan alamat blog, namun suatu hari blog yang memberi komentar tersebut kehabisan bandwith. Secara otomatis link yang ada di blog anda akan menjadi broken, karena walaupun valid tapi tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Alasan mengapa anda harus selalu cek apakah ada broken link pada blog anda atau tidak :

  1. Agar pembaca tidak merasa tertipu
    Maksudnya adalah misalkan saya memberikan anda sebuah link dimana anda bisa mendownload berbagai macam ebook, namun ketika anda klik link tersebut rusak atau tidak valid, lalu apa yang anda pikirkan ? Mungkin anda mengumpat, atau merasa tertipu oleh saya ? bisa saja kan.
  2. Dari segi SEO
    Sebenarnya saya kurang begitu tahu hubungan antara broken link dengan seo, namun yang saya tahu broken link akan cukup merusak/mengganggu kualitas seo blog anda. Dan ternyata pengetahuan saya yang sedikit ini di perkuat oleh sebuah blog, yang saya cukup yakin pemilik blog tersebut sudah sangat mengetahui seluk beluk seo, karena blog tersebut menjual jasa SEO icon mrgreen Tips Merawat Blog WordPress Bagian 2.Menurut pemilik blog tersebut, ada yang dinamakan Tehnik SEO Black-Hat dengan broken link, tujuannya adalah untuk menjatuhkan peringkat sebuah blog di search engine dengan memasukan banyak broken link ! Baca selengkapnya disini

Bagaimana, masih maukah banyak broken link yang berkeliaran di blog anda icon biggrin Tips Merawat Blog WordPress Bagian 2 ? Cara saya mengatasi masalah broken link adalah dengan menggunakan bantuan plugin Broken Link Checker, plugin ini sangat membantu mengatasi masalah broken link pada blog saya, karena plugin ini secara otomatis melakukan scanning seluruh blog saya.

Saya sempat membaca sebuah blog, namun maaf saya lupa nama blog tersebut. Pemilik blog menyarankan untuk selalu cek broken link di http://validator.w3.org/checklink/, setelah saya coba ternyata prosesnya agak lama dan menurut saya sedikit merepotkan apabila harus selalu melakukan cek secara manual dan berkala.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.