//
you're reading...
Kegiatan FMA Campurdarat

Study Banding Ke Loka & Penelitian Sapi Potong,Grati Pasuruan Tahun Anggran 2011

Kegiatan Studi banding UP FMA Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2011, berjumlah sekitar 34 Peserta Pelatihan mengadakan study banding ke LOLIT SAPO – Loka Dan Penelitian Sapi Potong di Kecamatan Grati kabupaten Pasuruan Jaln Pahlawan No 10 ,Grati Pasuruan .
Rombongan bertolak dari Tulungagung pada pukul 06.00 WIB dan sampai disana kami menjadi peserta yang ke -5 dari jadwal Study banding yang ada di LOLIT SAPO Grati.
Ada beberapa yang materi baru yang bias kami pahami dari catatan kecil perjalanan study banding ini antaralain :

1. Sapi Dipelihara dengan cara Miniranch, dan pola-pola yang berlainan satu blok dengan yang lain.
Cara pemeliharaan sapi potong di Lolit Sapo tersebut memungkinkan untuk peternak melakukan kegiatan lain selain mengurus ternaknya karena metode yang diterapkan adalah pemeliharaan di kandang yang tidak dibersihkan, sehingga kotoran dan urine sapi dapat langsung digunakan sebagai kompos yang dipanen setiap tiga bulan sekali. Menurut hasil penelitian para ahli, didapat bahwa kompos yang dihasilkan dari metode ini lebih baik daripada kompos yang dibuat oleh tangan manusia. Selain itu sapi yang dipelihara akan terhindar dari luka-luka akibat gesekan dengan lantai kandang dan penambahan bobot badan sapi juga akan lebih optimal.

2. Pakan yang diberikan bukan merupakan hijaun saja akan tetapi dengan berbagai konsentrat penemuan-penemuan LOLIT SAPO Grati sendiri ….
Pakan yang diberikan kepada ternak tersebut juga tidak harus selalu segar, rumput atau daun kacang-kacangan kering pun dapat diberikan, sedangkan konsentrat dapat dibuat dari limbah-limbah hasil panen pertanian yang sudah terpakai lagi, seperti bungkil jagung, ampas kedelai, bungkil sawit dan ampas singkong. Dengan metode ini diharapkan jargon yang selama ini berkembang di masyarakat yaitu : ‘kalau sapi makan anak istri di rumah kelaparan dan kalau anak istri makan, sapi di kandang mati kelaparan’ tidak ada lagi.
3. Tegnology UMB ( Ure Moloeses Block )
Tegnology ini pada dunia peternakan sering kali disebut dengan permen ternak, yakni merupakan campuran ure dan mulouses / tetes yang telah dicampur dengan dedak halus dan diaduk, setelah selesai pengadukan dan pengerikan , baha-bahan campuran tersebut dibpress dengan alat yang dimiliki LOLIT SAPO dan dibentuk kota-kotak keras. Permen ini disebut memiliki khasiat untuk menambah energy ternak.

4. Super Ovulasi
Meskipun tegnology ini telah lama dikena dengan super Ovulasi, yakni merangsang induk sapi untuk bertelur lebih dari satu ovarium, tegnology ini bersifat hormonal, sehingga ketika dibuahi maka yang dilahirkan oleh sapi ini lebih dari satu ekor anak. Akan tetapi menurut peleneliti LOLIT SAPO , tegnology ini belum berani meriliskan kepada masyarakat karena masih banyak kekurangan-kekurangan, dan kurang aplikatif untuk petani ternak kita yang sederhana. Demikian juga tentang angka kematian ternak, baik pada indukan atau anakan sapi tersebut.

Kesan kami tentang LOLIT SAPO ini adalah sangat baik, dan kami merasa bahwa merekalah ahlinya dalam pengelolaan ternak sapi.Sedemikian besar sapi yang mereka kembangkan adalah sapi local, dan mengutamakan sapi local putih jenis OPA.Jumlah ternak yang ada di LOLIT SAPO ini ada sekitar 600 ekor, dari sekian banyak block kandang yang kami kunjungi semuanya terawatt dengan baik dan bersih, demikian juga ternak yang ada disana. Kami selaku UP FMA DEsa CAmpurdarat sangat merekomendasikan kepada teman UP FMA lain yang memiliki produk unggulan sapi untuk segera belajar kesana.

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

November 2011
S S R K J S M
« Jun   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: