//
you're reading...
Kegiatan FMA Campurdarat

Materi Pelatihan : BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus)


Indonesia merupakan negara agraris dengan kekayaan alam yang begitu besar terutama tanaman pertanian yang sangat beragam. Kondisi ini selayaknya membuka mata kita betapa besarnya peluang usaha yang dapat kita upayakan di bidang ini. Didorong pula dengan adanya krisis global saat ini, bidang pertanian memberikan peluang yang sangat baik untuk menghasilkan wirausahawan – wirausahawan baru yang sejatinya dapat menekan angka pengangguran dengan terbukanya lapangan kerja baru. Lebih dari itu cita-cita untuk mewujudkan masyarakat mandiri menjadi hal yang sangat mungkin untuk dicapai.

Salah satu usaha pertanian saat ini yang sangat prospektif dan potensial yaitu usaha budidaya jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Beberapa pertimbangannya antara lain :
1. Daya serap pasar sangat tinggi dan semakin meningkat
2. Bahan baku mudah diperoleh dan murah
3. Kebutuhan skill tidak begitu
4. Belum banyaknya petani jamur tiram
5. Tidak memerlukan lahan yang luas
6. Jamur tiram merupakan pangan alternatif yang lezat, sehat dan bergizi tinggi.

SEKILAS TENTANG JAMUR TIRAM

Jamur tiram dikenal pula dengan nama populer Oyster Mushroom dan nama ilmiah Pleurotus ostreatus. Tangkai tudungnya menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Tubuh buah memiliki batang yang berada di pinggir (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus), sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Ukuran dan warna tudungnya pun bervariasi, tergantung dari jenisnya. Jamur tiram termasuk organisme yang bersifat saprofit yaitu hidup pada bahan organik yang sudah mati seperti kayu lapuk. Jamur tiram yang tumbuh di daerah dingin biasanya tudungnya lebih tebal dibandingkan dengan yang tumbuh di suhu yang lebih panas. Spora jamur tiram berbentuk elips dengan ukuran 9 x 4,5 µm (µm = 0.001 mm).
Kandungan Nutrisi Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, fosfor, besi, thiamin, dan riboflavin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur kayu lainnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi manusia. 72% lemak dalam jamur tiram merupakan asam lemak tidak jenuh, sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak. Jamur tiram mengandung 9 macam asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenil alanin.
Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemak 25 gram namun karbohidrat 0,0 gram maka kandungan gizi jamur masih lebih lengkap. Selain itu Jamur tiram memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan bahan makanan lain seperti jamur merang, jamur kuping, daging sapi, bayam, kentang, kubis, seledri, buncis dll. Jamur tiram memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah lemak.

 

UNTUK MENDAPATKAN PELATIHAN JAMUR TIRAM dll

HUBUNGI SEGERA :

Bapak Didit Siswanto

Jln,Raya Sodo Kecamatan Pakel  Gg SMA Pakel Tulungagung

No: 02 ,Desa Duwet,Kecamatan Pakel Tulungagung-Jawatimur

Sedia : Bibit Jamur,Bag Log dan melayani Pelatihan Untuk Wilayah Pulau Jawa

HP : 085745296204

 

 

Free Download Materi Budidaya Jamur Tiram

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

2 thoughts on “Materi Pelatihan : BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus)

  1. bahan bakunya apa? untuk membuat jamur tiram putuh?

    Posted by supriyatno | Februari 28, 2012, 6:37 am
  2. terima kasih telah memberikan pendidikan kepada masyarakat khususnya warga indonesia dalam pengetahuan tentang jamur. Bolehkan minta materi lengkap tentang budidaya jamur tiram dan apakah ada pelatihannya ,saya ingin berbudidaya jamur tiram?

    Salam,

    Posted by Asikin Tok | Januari 1, 2013, 10:46 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: