//
you're reading...
UP FMA Daerah lain

Legenda & Tips Membeli Ubi

Sebagai sahabat Blogger,tentu saja saya nggak bakalan lupa untuk turut serta mempromosikan Produk pertanian yang telah mendunia ini kepada teman -teman seluruh Nusantara.Untuk itu saya berkesempatan minta izin Beliaunya dan copy_paste artikel tentang Ubi Cilembu,Silahkan anda segera belanja kepada beliau. Untuk keterangan lebih lanjut Silahkan masuk keblog Ubi Cilembu, dan silahkan negosiasi dengan Yang empunya langsung,,Kita hanya menshare informasi kepada seluruh petani di Nusantara ini..Salam dari Admin UP FMA CAMPURDARAT TULUNGAGUNG JAWATIMUR.

Legenda Ubi Cilembu…diawali pada saat pengeran Sumedang “sidak” kewilayah kekuasaannya diwilayah Sumedang Barat…maklum yang namanya sidak
……masyarakat desa ga punya persiapan apa-apa untuk menjamu rajanya…maka dengan perasaan yang malu-malu dan was-was takut rajanya ngambek…disajikanlah bakar ubi cilembu sebagai hidangannya…saat sang pengeran mengambil satu ubi untuk dimakan. seluruh masyarakat sangat khwatir sambil terus berdo’a semoga sang pangeran tidak murka…satu..dua..saat pangeran memakan ubi yang ketiga…sang pangeran berkata dengan suara yang lembut tapi sangat jelas…”Ubinya manis seperti madu, tidak seperti rasa ubi ditempat lain”…(tentunya dengan bahasa sunda…)hehehe…mendengar ucapan rajanya masyarakat desa cilembu merasa sangat senang… Nah…sejak saat itulah ubi cilembu memiliki keistimewaan selain rasanya manis dan dapat mengeluarkan madu juga tidak dapat ditanam didaerah lain…(meskipun dapat tumbuh tapi hasil panennya tidak akan dapat sebaik dan semanis bila ditanam didesa cilembu)dan sejak itulah secara sengaja atau tidak masyarakat menyebut komoditi desanya dengan sebutan Ubi “Madu” Cilembu…(walla’hualam..)
Ada Beberapa Jenis/Macam (grade) Ubi “madu oven” Cilembu

Nirkum = Rancing/Mene’s
Jawer
Inul

Kualitas super dimiliki jenis nirkum dengan tampilan mulus dengan daging kemerahan dan bila di oven dengan baik akan lebih banyak menghasilkan madu, dengan begitu…harga mentah dari jenis ini yang paling tinggi, harga mentahnya mencapai Rp. 8 s/d 9 ribu /Kg….dan bila sudah di Oven harganya mencapai Rp. 15 s/d 20 ribu/Kg.
Grade 2 adalah jenis Ubi Jawer…kualitasnya tidak jauh berbeda dari jenis nirkum, hanya saja dagingnya berwarna kekuning-kuningan dengan madu yang tentu tidak sebanyak jenis super…harga mentah Rp. 6 s/d 7 ribu/Kg.
Grade 3 tentu lebih rendah kualitasnya dari grade 1 dan grade 2, yang membedakannya kulit ubi jenis Inul ini sangat tebal sehingga pada saat pengovenan memakan waktu lebih lama, bentuknya bulat seperti kentang, dan madu yang dihasilkan lebih sedikit.

Tips Membeli dan Memilih Ubi Cilembu Asli….

Begitu masuk kedalam kios ubi untuk membeli….pastikan ada Sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh pihak Desa Cilembu dengan ditandatangani oleh Kepala Desa.
Lihat dengan seksama bentuk dan warna ubi yang hendak dibeli…(mentah)…
Minta kepada pedagangnya untuk hanya yang asli tidak dicampur dengan ubi yang lain

memang agak sulit bagi anda orang yang bukan asli dari desa cilembu untuk dapat membedakan mana ubi cilembu asli atau bukan, tapi minimal pedagang akan menganggap anda sudah terbiasa membeli ubi cilembu.

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Maret 2012
S S R K J S M
« Des   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: