//
you're reading...
UP FMA Daerah lain

UP FMA Desa Dukuh Kecamatan Gondang,pelopor pemberdayaan Petani Tulungagung

UP FMA Desa Dukuh Kecamatan Gondang,pelopor pemberdayaan Petani Tulungagung,Sebagai teman dalam pengelolaan kegiatan FEATI tentunya kami masih teringat dengan kegiatan sahabat-sahabat kami dari UP FMA Desa Dukuh KEcamatan Gondang.Kami sangat mengakui benar bahwa teman-teman di Desa Dukuh ini merupakan sebuah contoh profile pertanian yang sangat maju dan sangat berkembang.Meskipun kegiatan UP FMA di Kabupaten Tulungagung telah selesai masa anggarannya,kami masih ingin sekali bernostalgia bersama mereka.

Kegiatan Petani Gondang Dalam Rangka Membasmi Hama Tikus

Berita ini kami kutip dari Postingan resi BPP Kecamatan Gondang ,yakni tentang kegiatan UP FMA ini dalam rangka memerangi hama tikus yang sempat mewabah beberapa waktu yang lalu.Ini ada beberapa foto kegiatan -kegiatan pembasmian sarang tikus bersama-sama dengan kelompok tani dan masyarakat desa Dukuh Kecamatan Gondang,Kabupaten Tulungagung.

Pengendalian Hama Tikus di Desa Dukuh

Pada Hari Senin, tanggal 2 Mei para petani dan petugas penyuluh pertanian Desa Dukuh bersama-sama mengendalikan hama tikus di areal sawah seluas lebih kurang 75 hektar. Sekitar 75 orang petani telah berkumpul di pagi hari jam 07.00 sesuai kesepakatan pada pertemuan sebelumnya. Pak Chusairi, Babinsa yang bertugas di Desa Dukuh juga ikut berperan dalam kegiatan ini.
Diawali dengan pertemuan rutin kelompok pada tanggal 28 April 2011, para petani bersemangat menindaklanjuti dengan mengadakan pengendalian bersama pada hari Senin, yaitu tanggal 2 Mei.

 

Alpostran yang digunakan merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kab Tulungagung, sebanyak 900 buah. Alat empos dan rodentisida tersebut berbahan aktif Tiran 58 PS dan digunakan dengan cara fumigasi atau emposan ke lubang aktif yang didiami hama tikus di tanggul-tanggul sekitar areal sawah.

Hama tikus memang selalu meresahkan petani. Perkembangbiakan yang cepat dan kemampuan bertahan hidup yang baik, ketersediaan makanan yang berlimpah, membuat hama tikus berbahaya jika tidak dikendalikan.

Berburu Tikus-Guyub Rukun bersama Petugas BPP Gondang dan Petani Binaan

Selama proses pengendalian, beberapa hama tikus tertangkap petani saat akan lari dari sarangnya, demikian pula ditemukan tikus yang keracunan di luar sarang setelah pengemposan.

 

 

About upfmacampurdarat

Program Pemberdayaan Petani Melalui Tegnology Informasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Kalender FMA Campurdarat

Maret 2013
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d blogger menyukai ini: